The Golden Rule

The golden rule atau yang biasa disebut sebagai kaidah emas merupakan prinsip dasar dalam beretika. Kalimat ini pasti sudah tidak asing lagi ditelinga anda :

“Perlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan.”

kalimat diatas adalah kalimat yang singkat namun saya rasa masih sangat sulit untuk dilakukan. Jujur saya sendiri pun masih belum bisa memperlakukan orang lain sebagaimana diri saya sendiri ingin diperlakukan. Semua orang pasti ingin diperlakukan dengan baik, anda ingin orang lain membantu anda dalam kondisi sulit atau bersifat ramah bahkan dalam keadaan yang tidak menguntungkan. Dr. Harry Gensler melontarkan sebuah contoh bagaimana kaidah ini seharusnya diterapkan. Di tahun 1963, Presiden Kennedy menyampaikan pidato anti-diskriminasi di Universitas Alabama, Amerika Serikat. Ia meminta orang kulit putih membayangkan bagaimana rasanya menjadi orang kulit hitam yang diperlakukan sebagai warganegara kelas dua. Mereka tidak diberi hak memberikan suara, tidak boleh belajar di sekolah favorit, dilarang makan di berbagai restorant, tidak diijinkan duduk di kursi depan bis.

Apakah orang kulit putih bersedia diperlakukan seperti itu? Tentu saja tidak, tetapi itulah cara mereka memperlakukan orang lain. Presiden Kennedy berkata, “Pokok persoalannya ialah, apakah kita akan memperlakukan sesama warganegara sebagaimana kita sendiri ingin diperlakukan?”

Tafsiran terbaik terhadap kaidah emas ini adalah “Perlakukan orang lain hanya sebagaimana engkau sendiri setuju diperlakukan demikian dalam situasi yang sama”. Guna menerapkan ini, bayangkan diri anda menerima perlakuan tersebut ketika anda berada tepat di dalam situasi orang lain tersebut. Jika anda melakukan sesuatu terhadap orang lain, namun anda sendiri tidak mau diperlakukan demikian pada situasi yang sama, maka anda melanggar kaidah ini! kaidah emas ini merupakan kemantapan dalam bertindak, dimana semua tindakan kita terhadap orang lain mesti selaras dengan apa yang kita sendiri inginkan apabila kita berada dalam situasi yang sama.

Beberapa hal yang perlu dijadikan sebagai renungan, khususnya bagi diri saya pribadi dan anda adalah :

  • Lakukanlah kepada orang lain seperti yang anda ingin mereka lakukan kepada anda
  • Berbicara kepada orang lain dan tentang orang lain sebagaimana anda ingin diajak bicara, dan berbicara tentang orang lain.
  • Rasakan tentang orang lain sebagaimana anda ingin mereka rasakan tentang anda
  • Pikirkan orang lain sebagaimana anda ingin dipikirkan
  • Berusaha untuk menghormati bahkan kepada orang yang tidak terhormat

Satu hal yang perlu diingat, sangat mudah bagi seseorang untuk menjadi jahat kepada anda jika anda jahat kepada mereka. Jangan memberi mereka kesempatan itu. Buatlah mereka bersusah payah untuk membenci anda, tidak menghormati anda atau bersikap kasar terhadap anda. Buatlah mudah bagi mereka untuk mengasihi anda, menghargai anda, dan melihat anda secemerlang diri anda. Bila hal tersebut dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, hubungan antar sesama manusia akan menjadi jauh lebih baik. Dunia ini akan menjadi lebih indah karena penuh dengan cinta kasih yang saling mendamaikan.

(Sumber referensi : The Golden Rule: Treat others how you want to be treated by Georgia Lee 2004)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s