Sukses tidak hanya sekedar sukses

Sukses merupakan suatu kata yang menjadi ekspektasi bagi semua orang didunia ini. Anda bahkan saya sendiri pun juga menginginkan kata sukses tersebut dapat terwujud. Tidak ada orang yang tidak menginginkan kesuksesan, semua orang pasti ingin sukses.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sukses berarti berhasil; beruntung. Sementara menurut ensiklopedia bebas Wikipedia, sukses didefinisikan sebagai suatu kehormatan atau prestise yang dikaitkan dengan pencapaian suatu kedudukan seseorang dalam status sosialnya. Kebanyakan dari kita memaknai kata sukses sebagai suatu pencapaian atas keberhasilan jabatan, jenjang pendidikan yang tinggi, maupun sukses dalam kesejahteraan moneter. Bisa dikatakan pula bahwa sukses artinya orang tersebut mempunyai banyak uang alias kaya. Kesuksesan sebenarnya tidak hanya tentang jabatan, tahta maupun uang. Sukses tidak hanya sekedar sukses. Kesuksesan yang baik hendaknya tidak melupakan peran maupun tanggungjawabnya sebagai umat Tuhan untuk dapat memberikan manfaat bagi banyak orang maupun lingkungan sekitarnya. Ya, sah-sah saja jika orang yang telah mencapai kedudukan maupun karir yang tinggi serta memiliki banyak uang disebut sebagai suatu kesuksesan. Tetapi alangkah baiknya jika kita mampu memaknai kesuksesan tersebut dengan baik. Sebut saja namanya “kesuksesan sejati”. Banyak orang yang telah sukses tetapi bukan termasuk sukses dalam golongan kesuksesan sejati seperti yang saya sebutkan tadi. Ada orang yang sukses namun tidak mampu menempatkan dirinya dengan baik dilingkungan sosialnya, ada orang sukses namun tidak mampu melihat keadaan sekitarnya, bersikap acuh, dan yang lebih parah lagi memanfaatkan kesuksesan tersebut sebagai modal untuk terus memperkaya diri sendiri hingga akhirnya merugikan orang banyak. Contoh kasus yang sangat sederhana untuk menggambarkan tipe kesuksesan tersebut adalah para koruptor yang ada di negeri ini. Mereka sukses, mereka memiliki jenjang pendidikan yang tinggi, mereka mempunyai jabatan penting, mereka memiliki gaji yang tinggi, mereka punya segalanya, namun sayangnya mereka menggunakan kesuksesan tersebut tanpa melihat kembali lingkungan sekitarnya, bersikap acuh dan tidak memperdulikan orang-orang yang ada disekitarnya. Ini bukan merupakan contoh kesuksesan sejati. Kesuksesan sejati mampu memberikan manfaat bagi dirinya dan juga orang banyak yang ada lingkungan sekitarnya,tidak peduli bahwa orang tersebut berhasil atau tidak, baik dari segi finansial, karir dan sebagainya. Terlepas pula dari masalah bahwa orang tersebut menjadi kaya atau tetap miskin, atau berhasil menjadi pejabat tinggi maupun tetap menjadi pegawai rendahan.

Marilah kita bersama-sama berintrospeksi, apakah kita telah sukses? Apakah kehidupan yang telah kita lalui selama ini telah memberikan banyak manfaat bagi lingkungan kita, atau justru malah kita yang hanya mengharapkan manfaat dari lingkungan di mana kita hidup. Kesuksesan sejati harus memiliki karakter, sukses berkarakter akan menjadikan hidupmu menjadi lebih indah, dan setiap kesuksesan yang ada jangan pernah lupa untuk selalu memanjatkan ucapan syukur dan berdoa kepada Tuhan, karena Dialah pemberi kesuksesan yang sebenarnya, kesuksesan sejati. Dan jika kesuksesan itu belum terwujud tetaplah berusaha, jangan patah semangat dan berdoalah kepada Tuhan untuk terus membimbing kita menuju jalan kesuksesan yang benar. Tuhan berkati 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s