Gaya hidup sehat untuk setiap detik detak jantung berharga

“Jantung manusia berdetak 3 milyar kali tanpa henti. Mesin manakah yang lebih canggih dari jantung manusia?” ya, betul betul betul.. jantung merupakan raja organ yang paling super sibuk. Jantungku dan jantungmu bekerja tiada henti, meskipun ketika kita sedang tertidur lelap. Jika seandainya jantung  berhenti berdenyut alhasil kita sudah tidak dapat melihat indahnya dunia ini. Sungguh luar biasa bukan Tuhan menciptakan organ dalam bentuk yang paling sempurna didunia yang hingga sekarang masih tetap bekerja berada di sebelah kiri dada kita. Tahukah kamu, jantung merupakan sumber nyawa kehidupan kita. Pemikiran kita bersumber dari jantung, pengetahuan pun bersumber dari jantung, kelemahlembutan, keberanian, kemuliaan, kesabaran, kekuatan menahan diri, rasa cinta, keinginan, kerelaan, dan sifat-sifat sempurna lainnya semuanya juga bersumber dari jantung. Dilansir dari inaheart.co.id, penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh no.1 di dunia, walaupun selama beberapa tahun belakangan ini terjadi jumlah penurunan angka kematian namun momok penyakit kardiovaskular ini masih menghantui semua orang. Jadi, rawatlah jantungmu, jagalah jantungmu, sayangi dan hargailah jantungmu dengan menerapkan gaya hidup sehat setiap hari dimulai dari sekarang. Kalau bukan sekarang kapan lagi? Jangan sampai kita menyesal dikemudian hari karena kesalahan dimasa muda tidak menerapkan gaya hidup sehat. Sudah sering dengarkan pepatah yang mengatakan demikian “lebih baik mencegah daripada mengobati”, melakukan gaya hidup sehat merupakan investasi yang tidak hanya berguna untuk hari ini tetapi juga untuk dimasa depan, dimasa tua, karena jantung yang sehat bukan hanya untuk diri kita sendiri tetapi juga berguna untuk orang-orang yang ada disekitar kita yang sangat kita cintai.

Gaya hidup sehat tidak perlu dimulai dari sesuatu yang berat-berat. Kita dapat memulainya dari sesuatu yang sangat sederhana. Hal-hal sederhana yang dapat dilakukan seperti menjaga pola makan sehari-hari, ketika anda ingin membeli kebutuhan belanja bulanan misalnya, usahakan untuk tetap membeli kebutuhan dapur yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, belilah buah-buahan dan sayur-sayuran yang segar dan membatasi konsumsi produk-produk hewani yang tinggi akan kolesterol dan lemak. Sayuran dan buah-buahan banyak mengandung aktioksidan yang mampu mengikat dan mengeluarkan radikal bebas dari dalam tubuh sehingga sangat berguna untuk mencegah penyakit jantung. Selain itu, kita juga harus mengurangi konsumsi gula yang berlebih, tidak hanya itu saja, istirahat yang cukup juga sangat membantu untuk mencegah terjadinya penyakit jantung, jika kita kurang tidur selalu begadang maka jantung akan sangat ekstra bekerja keras untuk memompa darah karena seharusnya tubuh memerlukan waktu untuk beristirahat. Hindarilah merokok! Asap rokok yang anda hirup mengandung banyak sekali radikal bebas yang menghasilkan endapan didalam pembuluh darah, dan akan menyumbat lancarnya aliran peredaran darah dalam tubuh. Gosoklah gigi anda sehari 2 kali! Ini hal sederhana yang juga sangat penting untuk dilakukan, para ahli kesehatan menganjurkan kita untuk menjaga kesehatan mulut mengingat bahwa mulut adalah organ tubuh yang paling banyak mengandung bakteri, jamur dan virus. Dikutip dari mirror.co.uk, para peneliti menyatakan bahwa orang yang mengalami  inspeksi pada mulut juga akan mengalami masalah pada jantungnya, seperti penyakit periodontitis yang berkaitan erat dengan penyakit stroke dan bakteri pada mulut bisa menjadi penyebab peradangan pada jantung. Jangan menahan pipis! Dr. Clare Walton dari Stroke Association mengatakan bahwa memang tidak ada penelitian yang menyebutkan bahwa menahan untuk buang air kecil dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke akan tetapi jika secara teratur tidak mampu mengeluarkan urine maka akan  membuat darah meningkat, sehingga seseorang berisiko terkena serangan jantung atau sroke. Tidak lupa juga untuk tetap melakukan aktivitas berolahraga agar memperkuat jantung anda, seperti lari pagi seminggu 2 atau 3 kali, atau anda juga dapat mengikuti beberapa program menarik lainnya yang diadakan oleh yayasan jantung Indonesia seperti mengikuti program klub jantung sehat , senam sehat jantung, klub jantung remaja, atau lompat tali jantung sehat. Hal-hal tersebut sangat sederhana tetapi akan berdampak besar bagi kesehatan kita semua. Dengan memulai hal-hal sederhana melakukan gaya hidup sehat tersebut maka niscaya akan mencegah penyakit yang menjadi momok menakutkan itu. Menjalani gaya hidup sehat memang membutuhkan niat dan tekad yang kuat, karena gaya hidup mencerminkan kesehatan dan kepribadian seseorang. Ayo kawan, mulailah bergerak untuk melakukan gaya hidup sehat sejak dini! karena setiap detik detak jantungku dan jantungmu berharga. 🙂

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s